Me-Review Jurnal

Berikut adalah narasi dari jurnal yang terkait dengan SAP minggu ke-11

link jurnal : http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/viewFile/114/119

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN, KOMITMEN ORGANISASI DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENERAPAN GOOD GOVERNANCE SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA

(Survey Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tegal)

Penelitian tersebut bertujuan untuk menguji secara empirisvariable budaya organisasi, gaya kepemimpinan, komitmen organisasi, dan pengendalian intern yang diduga berpengaruh terhadap penerapan good governance dan berdampak pada kinerja KPPN dengan balance scorecard yang dikembangkan Pusat Analisis dan Harmonisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan.

Sasaran dalam penelitian adalah Satker ( Satuan Kerja ) atau lembaga vertikal di daerah dibawah wilayah kerja KPPN Tegal meliputi Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Pemalang, dan Brebes Jumlah seluruhnya Satker yang menjadi populasi 134 Satker. Masing – masing Satker diwakili 2 orang yang berhubungan langsung dengan kinerja KPPN. Sampel penelitian dengan metode sample random sampling. Jumlah sample sebanyak 100 Satker dan setiap Satker diwakili oleh 2 orang yaitu Petugas Sakpa dan Bendahara Pengeluaran jadi total kuesioner yang disebar ada 200 kuesioner untuk 200 orang yang berasal dari satker – satker.

Dalam penelitian ini, Data yang digunakan adalah dataPrimer, Data yang terkumpul dalam penelitan ini akan dianalisis dengan menggunakan Path Analysis, Uji Validitas Yaitu menguji keakuratan data yang digunakan dalam penelitian. Penilaian data menggunakan teknik corrected item-total correlation, yaitu dengan cara mengkorelasi skor tiap item dengan skortotalnya. Uji Reliabilitas Untuk mengetahui kuesioner yang diberikan kepada responden andal atau tidak. Uji reliabilitas bertujuan untuk mengukur stabilitas dan konsistensi, analisis reliabilitas juga menunjukan sejauh mana penilaian itu dapat memberi hasil yang relatif tidak berubah bila dilakukan kembali pada objek yang sama. Analisis data dihitung dengan menggunakan program PASW Statistics 18 for Windows (SPSS Inc) dan Macro STAT97 Excel.

Dari hasil analisis Untuk menguji validitaskuisioner digunakan rumus korelasi product moment. Analisis validitas kuisioner meliputi variabel Budaya Organisasi(X1), Gaya Kepemimpinan (X2), Komitmen Organisasi (X3), Pengendalian Intern(X4), Penerapan Good Governance (Y) dan variabel Kinerja (Z). Butir pertanyaan dinyatakan valid apabila r hitung > 0,3 (Sugiyono,2007). Hasil Pengujian validitas kuisioner untuk semua variabel penelitian lebih besar dari kriteria minimum sebesar 0,3. Dengan demikian, maka seluruh item pertanyaan untuk semua variabel tersebut dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai alat pengumpulan data. Hasil Pengujian reliabilitas kuisioner atau pertanyaan dalam penelitian ini digunakan rumus croanbach alpha. Analisis reliabilitas kuisioner meliputi variabel Budaya Organisasi(X1), Gaya Kepemimpinan (X2), Komitmen Organisasi (X3), Pengendalian Intern(X4), Penerapan Good Governance (Y) dan variabel Kinerja (Z). Setiap variabel dikatakan reliable bila memiliki nilai croanbach alpha > 0,6 (Ghozali,2002). Berdasarkan hasil pengujian reliabilitas kuisioner pada tabel di atas dapat diketahui bahwa nilai rhitung setiap item pertanyaan untuk variabel Budaya Organisasi(X1), Gaya Kepemimpinan (X2), Komitmen Organisasi (X3), Pengendalian Intern(X4), Penerapan Good Governance (Y) dan variabel Kinerja (Z) masing-masing lebih besar dari nilai kriteria minimum sebesar 0,6. Dengan demikian, maka seluruh item pertanyaan untuk setiap variabel tersebut dinyatakan reliabel dan dapat digunakan sebagai alat pengumpulan data.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Terdapat hubungan yang kuat antara budaya organisasi, gaya kepemimpinan, komitmen organisasi dan pengendalian intern
  2. Budaya organisasi, gaya kepeminpinan, komitmen organisasi dan pengendalian intern berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan good governance.
  3. Budaya organisasi, komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, sedangkan gaya kepeminpinan dan pengendalian intern tidak berpengaruh positif terhadap kinerja
  4. Budaya organisasi, gaya kepeminpiman, komitmen organisasi, pengendalian intern dan penerapan good governance secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja.
  5. Budaya organisasi, gaya kepeminpinan, komitmen organisasi dan pengendalian intern memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kinerja melalui penerapan good governance.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s